Sabtu, 08 Agustus 2009

Dari Redaksi

Alhamdulillah, segala puji hanya patut kita panjatkan bagi Allah SWT atas segala ridlo, rahmat serta karunia yang tak terhingga, sehingga bisa menyelesaikan buku ini. Shalawat dan salam juga selalu kita curahkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW.

Menulis sebuah rentang sejarah masa lalu tidaklah mudah. Banyak data berserakan, diolah, diteliti dan dikaitkan-kaitkan dengan dan dari sumber-sumbernya juga bukanlah pekerjaan gampang. Apalagi yang ditulis adalah mbah-mbah kita sendiri, tentu ada perasaan tidak enak untuk mengungkap secara menyeluruh. Oleh karena itu, sampai menjelang akhir proses pembuatan buku ini, kami masih mengalami beberapa keterbatasan, kalau tidak boleh disebut ketidakmampuan. Mudah-mudahan suatu saat nanti ada yang menulis secara lengkap.

Tokoh Mbah H Oesman merupakan tokoh yang komplek sekaligus lengkap. Disebut komplek karena dapat memadukan kepentingan dunia dan akhirat dalam diri, jiwa dan perjuangan beliau. Juga disebut lengkap karena sebagai manusia yang lemah, beliau dikaruniai kelebihan rizki dan kemampuan untuk mengolahnya, sekaligus berjuang bak baginda kita Nabiyullah Muhammad SAW ketika berdakwah kepada masyarakatnya.

Dulu, ketika masyarakat Dusun Kolak masih abangan, Mbah H Oesman mencoba berdakwah dengan dua pendekatan; pendekatan kekeluargaan dan perekonomian yang memang waktu itu masyarakat Kolak sangat-sangat membutuhkan. Sedikit demi sedikit beliau menemui warga. Tidak sedikit cacian, makian dan bahkan tantangan keras dari masyarakat. Tapi seiring berjalannya waktu, perjuangan beliau mulai membuahkan hasil. Itulah salah satu penggalan sejarah Mbah H Oesman. Pengalaman sejarah inilah yang mesti kita jadikan pelajaran di masa-masa mendatang. Bahwa berjiwa besar harus diiringi dengan semangat, kesabaran, ulet, dan nrimo yang besar pula.

Akhirnya, segenap redaksi mohon maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaksempurnaan buku ini. Meski begitu, mudah-mudahan buku kecil ini banyak manfaatnya. Tak lupa kritik dan saran sangat kami harapkan, demi perbaikan pada penerbitan-penerbitan selanjutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar